Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Internet Menyediakan 3 Tipe Layanan Utama

Saterdag 09 Maart 2013

Share this history on :
AYANAN INTERNET yaitu : komunikasi, Permintaan informasi dan World Wide Web(WWW). KOMUNIKASI Melalui internet, user dapat berkomunikasi secara interaktif dengan individu yang lain atau kelompok diseluruh dunia. Jenis layanan komunikasi :  E-Mail (Electronic Mail) e-mail adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pesan elektronik dikirim dari satu orang ke orang lain melalui kabel telepon atau media lain. Email tidak terbatas pada teks saja, tetapi orang dapat mengirimkan gambar (image), suara dan file. Tidak semua jaringan menggunakan format email yang sama, sehingga terdapat sebuah computer yang berfungsi sebagai gateway untuk menterjemahkan.  USENET Newsgroups (Forums) USENET adalah sebuah protocol sehingga sekelompok pesan dapat disimpan dan dikirimkan pada komputer. Dengan protocol USENET, user mengirimkan pesan email dengan topic tertentu ke server, kemudian user dapat membaca pesan tersebut dari server, atau pesan secara otomatis didownload ke user. USENET menyediakan forum untuk kelompok diskusi dengan ketertarikan tertentu dalam bentuk newsgroup. Jika kita mengikuti sebuah newsgroup maka harus diperhatikan juga etiketnya  CHATTING Memungkinkan dua atau lebih orang yang terhubung ke internet untuk berbincang-bincang secara tertulis pada saat yang sama (realtime).  TELNET Diktat Internet & E-Commerce Budi Kurniawan, S.Kom AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER “AKMI” BATURAJA 6 Telnet adalah protocol yang memungkinkan seseorang mengakses sebuah computer dari computer yang lain.  INTERNET TELEPHONY Fasilitas yang memungkinkan user dapat berbicara melalui internet.  STREAMING AUDIO dan VIDEO Streaming audio dan video adalah fasilitas yang memungkinkan kita dapat melihat dan mendengar data setelah keseluruhan data ditransfer ke server.  REAL TIME AUDIO dan VIDEO Dengan fasilitas ini memungkinkan user dapat melihat dan mendengar dari sumber data secara live. Dengan realtime audio dan video kita dapat bercakap-cakap, mengirimkan berita, berbagi dokumen secara realtime. INFORMASI  FTP (File Transfer Protocol) Memungkinkan user mengakses computer dan mengambil file dari jarak jauh.  ARCHIE Dengan protocol ini user dapat mencari file di situs yang menyediakan fasilitas FTP dan melihat perkembangan perubahan data pada suatu situs.  GOPHER Sebuah gopher adalah client computer yang memungkinkan user untuk melihat informasi yang ada pada server Gopher melalui menu yang hirarki.  VERONICA (Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archives) Fasilitas untuk pencarian teks pada menu gopher. LAIN-LAIN  WORLD WIDE WEB (WWW) Apakah beda antara internet dan web atau www ? Internet berfungsi sebagai mekanisme untuk pengiriman sedangkan www adalah aplikasi yang menggunakan fungsi pengiriman. Web / www adalah sistem yang menggunakan standard untuk penyimpanan, pengambilan, pemformatan dan menampilkan informasi melalui client/server. Dengan web semua tipe informasi digital dapat digunakan (teks, grafik, suara). Web menggunakan user interface grafis sehingga mudah digunakan. Web berdasar pada bahasa hypertext standard yang disebut HTML (Hypertext Markup Languange). Untuk menyediakan informasi dengan menggunakan web dibutuhkan home page, home page ini adalah tampilan grafis dan teks awal yang menerangkan tentang sebuah organisasi atau Diktat Internet & E-Commerce Budi Kurniawan, S.Kom AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER “AKMI” BATURAJA 7 pribadi. Semua halaman yang terdapat pada home page ini disebut web site. Orang yang bertanggung jawab pada sebuah website disebut webmaster. Untuk mengakses sebuah web site dibutuhkan alamat yang disebut URL (Universal Resource Locator). URL mengandung HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah standar komunikasi untuk mentransfer setiap halaman melalui www di internet. HTTP akan mendefinisikan bagaimana sebuah pesan diformat dan dikirim dan bagaimana kerja webserver serta browser yang digunakan.  SEARCH ENGINE Program yang berfungsi untuk menampilkan daftar website yang memiliki data sesuai dengan criteria yang diinginkan user. URL dari site yang menyediakan fasilitas search engine yang terkenaladalah: http://www.google.com, http://www.alltheweb.com, http://www.yahoo.com, http://www.altavista.com  PLUG INS Untuk tambahan ke browser, beberapa vendor menawarkan Plug Ins yang akan menawarkan perluasan fungsi dari browser. Dengan plug ins maka browser dapat secara otomatis mengelola fitur tertentu missal teks, grafis. Contoh plugins adalah Adobe Acrobat Reader, Macromedia Shockwave.  JAVA Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem dan dapat dijalankan pada berbagai macam mesin termasuk untuk internet. Java juga menyediakan fungsi untuk mendukung webpage menjadi lebih interaktif missal icon yang bergerak, suara, banner yang bergerak. Program Java yang menyediakan fungsi multimedia disebut Java Applet. Tidakmau kalah, Microsoft juga menyediakan fitur yang hamper mirip dengan Java Applet yang disebut ActiveX .  WIRELESS INTERNET ACCESS Akhir-akhir ini internet diakses menggunakan peralatan mobile seperti pager, PDA, computer pocket, dan celluler phone. Untuk mengakses web menggunakan peralatan ini maka kita harus terhubung ke wireless access provider. Provider ini menggunakan teknologi WAP (Wireless Access Protocol) untuk mengubah web page ke dalam format yang compatible dengan peralatan komunikasi yang digunakan. Protocol Jaringan Protocol Vendor Keterangan OS – Software IPX/SPX Novell Internet Packet eXchange Novell Netware TCP/IP DARPA - ARPANET Transmission Control Protocol / Internet Protocol BSD-Unix NetBEUI Microsoft Microsoft-network MS Windows Workgroup Diktat Internet & E-Commerce Budi Kurniawan, S.Kom AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER “AKMI” BATURAJA 8 Banyan VINES Banyan Banyan Faktor yang medukung sukses Internet:  Dokumentasi protokol yang tersedia secara umum. Dapat diperoleh dan dibaca semua orang.  Software yang free (atau murah) untuk mesin-mesin populer, dan  Tidak tergantung vendor INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) ISP merupakan suatu badan / perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet. Di Indonesia ISP dikenal dengan PJI (penyedia Jasa internet) dan berada dalam satu wadah yang disebut : APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia), http://www.apjii.or.id Pelayanan TCP/IP Pelayanan TCP/IP populer: 1. Telnet 2. FTP (file transfer protocol) 3. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) 4. DNS (Domain Name System) 5. SNMP (Simple Network Management Protocol) 6. RPC (Remote Procedure Call) 7. NTP (Network Time Protocol) 8. NNTP (Network News Transfer Protocol) 9. HTTP (HyperText Transfer Protocol) Diktat Internet & E-Commerce PENGANTAR E-COMMERCE Definisi E-Commerce Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat internet diantaranya sebagai sarana bisnis dan promosi. Berbisnis atau melakukan perdagangan baik dalam bentuk barang maupun jasa berbasis teknologi internet sering disebut eCommerce (electronic-commerce). Karakteristik eCommerce adalah bahwa penjual dan pembeli dipertemukan melalui situs internet. Situs internet sebagai pengganti dari toko ataupun kantor yang kita kenal secara konvensional. Situs tersebut dapat dimiliki atau dikelola oleh penjual itu sendiri, pembeli ataupun pihak ketiga. Situs tersebut adalah sarana interaksi antara pihak – pihak yang terlibat dalam transaksi jual beli tersebut, dimana interaksi tersebut dapat dituntaskan melalui situs tersebut ataupun melaui interaksi lainnya secara konvensional. E-Commerce atau Electronic Commerce (E.C) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web internet (Shim, Qureshi, Siegel, 2000) atau Proses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000). Kala kota dan Whinston mendefinisikan EC dari beberapa persepektif sebagai berikut :  Komunikasi : EC merupakan pengiriman informasi produk atau layanan atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan computer atau sarana electronic lainnya.  Proses Bisnis : EC merupakan aplikasi teknologi otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.  Layanan : EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.  Online : EC berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya. Kegiatan Yang Berhubungan Dengan eCommerce Banyak sekali yang bisa dilakukan melalui eCommerce, diantaranya:  Perdagangan online melalui world wide web.  Internet banking.  TV interaktif. Diktat Internet & E-Commerce Budi Kurniawan, S.Kom AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER “AKMI” BATURAJA 10  WAP (Wireless Application Protocol).  Dll Keunggulan eCommerce  Efisiensi, meliputi :  Menurunkan biaya operasional (operating cost).  Memperpendek waktu produksi.  Bagi yang senang berbelanja, belanja lewat internet memberikan efisiensi waktu karena anda tidak perlu membuang waktu pergi ke supermarket, mengeluarkan biaya parkir mobil, biaya bensin serta dapat menghemat waktu yang terbuang hanya untuk menjangkau lokasi mal dan mencari parkir yang terkadang sangat sulit.  Dengan berbelanja di internet maka pelanggan dapat dengan cepat dan mudah membandingkan harga barang antara “toko” satu dengan lainnya. Bila berbelanja di mal, pengunjung harus berjalan memasuki toko-toko satu per satu. Di internet pengunjung cukup mengklik mouse-nya dan harga antara satu produk di situs yang satu dengan situs lainnya dapat segera dibandingkan. Sehingga peluang konsumen mendapatkan barang terbaikpun semakin besar.  Fleksibilitas  Melebarkan jangkauan (global reach). Efisiensi dan Fleksibilitas merupakan dua hal yang dapat menciptakan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Dalam eCommerce, kepuasan pelanggan mancakup dua sisi, yakni kepuasan dalam aspek online dan aspek offline. Keterbatasan eCommerce  Ada kekurangan system keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protocol komunikasi.  Adanya bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi.  Alat perkembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berunah dengan cepat.  Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini.  Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan.  Biaya dan Justifikasi.  Sekuritas dan Privasi  Sedikit kepercayaan dan resistensi pemakai Diktat Internet & E-Commerce Budi Kurniawan, S.Kom AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER “AKMI” BATURAJA 11 1. Find it 2. Explore it 3. Select it 4. Buy it 5. Shipit  Faktor-faktor keterbatasan lainnya. Klasifikasi eCommerce 1. Business to Business (B2B). B2B merupakan sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis/organisasi yang dilakukan di electronic market. Contoh : Wal-Mart dengan Warner-Lamber 2. Business to Consumer (B2C). Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan, pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen atau seorang pelanggan. Contoh lain misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dsb. 3. Consumer to Consumer (C2C) Dalam kategori ini seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya, contoh : classified ads (www.classified2000.com) yang mengiklankan property rumah hunian, mobil, dan sebagainya. Mengiklankan jasa pribadi di internet serta menjual pengetahuan dan keahlian merupakan contoh lain C2C. contoh lain adalah eBay.com yaitu perusahaan lelang. 4. Consumer to Business (C2B) Termasuk dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi. 5. Nonbusiness e-Commerce Digunakan oleh banyak lembaga non bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi social, dan lembaga-lemaga pemerintahan yang mennggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya memperbaiki purching). 6. Intrabusiness (Organizational) e-Commerce Adalah semua aktivitas intern organisasi biasanya dijalankan di internet, yang melibatkan pertukaran barang, jasa atau informasi, aktivitas yang tercakup dapat beragam tingkatannya, mulai penjualan produk perusahaan ke pekerja hingga pelatihan secara online dan pemangkasan biaya. Contoh Konsep Berbelanja Online di amazon.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking